Cara Mencari NISN Nomor Induk Siswa Nasional dengan Mudah

Aldo Sharing | Cara Mencari NISN Nomor Induk Siswa Nasional dengan Mudah - Cara mencari NISN siswa/ pelajar dengan mudah - NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional adalah sistem pengelolaan nomor induk siswa di seluruh Indonesia. NISN dikelola oleh Kemdiknas. NISN akan diberikan pada peserta didik dari jenjang SD. NISN diperlukan untuk pengambilan nilai seperti rapor, atau hasil ujian.

NISN terdiri dari sepuluh nomor unik yang selalu diawali dengan tiga angka yang merupakan tanggal lahir peserta didik tersebut. Semisal seorang siswa mempunyai NISN 0061234567, berarti pemilik NISN tersebut lahir pada tahun 2006.

Penentuan dan pemberian kode pengenal indentitas peserta didik tersebut berdasarkan sumber data peserta didik yang telah divalidasi atau diverikasi oleh tiap-tiap sekolah atau Dinas Pendidikan Kota/ Kabupaten secara online melalui situs Kementrian Pendidikan Sosial dan Budaya (Kemdikbud).

NISN sangat penting sebagai kode pengenal peserta didik. Pada dasarnya, pihak sekolah pasti memberikan nomor NISN Anda, baik melalui peserta didiknya langsung atau melalui perantara orang tua murid. Dalam beberapa kasus, banyak peserta didik yang kelupaan akan nomor NISN-nya. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dipaparkan informasi untuk peserta didik yang mungkin kelupaan atau kehilangan data NISN dan sedang membutuhkannya untuk perihal tertentu. Di sini akan saya bahas cara mengecek atau mencari NISN dengan mudah dan cepat melalui Internet serta melalui aplikasi di Android.

Sebelum ke topik utama (cara mencari NISN), ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai tujuan dan manfaat Nomor Induk Siswa Nasional. Berikut ini adalah manfaat dan tujuan lengkap adanya NISN.

Tujuan pemberian Nomor Induk Siswa Nasional

  • Mengidentifikasikan tiap-tiap individu peserta didik di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan Nomor Induk Siswa secara online bagi unit-unit kerja di Depdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, tarpadu, dan akuntabel dengan berbasis Teknologi Informasi (IT) dan Komunikasi.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam mengembangkan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan, dan program pendidikan lainnya baik berada di pusat, provinsi, kota, kabupaten, bahkan hingga sekolah. Contohnya seperti BOS (Bantuan Operasional Sekolah), UN (Ujian Nasional), Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Beasiswa, dan Sistem Informasi Manajemen Sekolah.

Cara mencari NISN siswa SD, SMP, dan SMA

  • Silakan merujuk pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.
  • Di sana terdapat dua opsi menu, yakni Pencarian Berdasarkan NISN dan Pencarian Berdasarkan Nama. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan NISN bila Anda hanya ingin melihat data diri peserta didik seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, dan lain-lain. Pilih opsi Pencarian Berdasarkan Nama bila Anda ingin mencari kode Nomor Induk Siswa Nasional Anda.
    Cara Mencari NISN Siswa Lewat Internet
  • Pada Pencarian Berdasarkan Nama, isi formulir dengan lengkap, teramsuk Nama Siiswa, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. Semua wajib diisi supaya pencarian lebih mudah. Lalu bila sudah selesai, klik tombol 'Cari' di bawahnya.
    Cara Mencari NISN lewat Internet
     
  • Lihat hasilnya.
Hasil pencarian NISN melalui Internet
Hasil pencarian.
Catatan: Situs kemdikbud.go.id sering down, lebih baik Anda menyimpan NISN yang telah Anda dapatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika waktu ingin mengecek NISN situs Kemdikbud sudah down terlebih dahulu dan Anda lagi benar-benar membutuhkannya, maka saya akan memberi cara lain yang juga sangat mudah untuk dilakukan. Ini dia caranya.

Cara mengetahui NISN melalui aplikasi Android

  1. Khusus untuk pengguna Android, Anda dapat mengunduh aplikasi bernama Cek NISN pada tautan berikut: play.google.com/store/apps/details?id=ceknisn.w2n.popsi
  2. Nah, pada saat memasuki aplikasi Android tersebut Anda akan mendapati tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu Cek Dengan NISN, Cek Dengan QRCode, dan Cek Dengan Nama. Untuk Cek Dengan NISN dan Cek Dengan Nama sama saja dengan tutorial pertama, tetapi untuk Cek Dengan QRCode, Anda harus men-scan kode QR pada kartu NISN Anda, tentunya untuk memperoleh data-data peserta didik.
  3. Kalau sudah, tunggu loadingnya selesai, dan selamat, Anda mendapatkan kode unik NISN Anda!
Cara cek NISN SIswa dengan aplikasi

Semoga Bermanfaat :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

TIDAK MENERIMA KOMENTAR :
- SPAM
- PROMOSI (LINK HIDUP)
- TIDAK BERKUALITAS (KOMENTAR SINGKAT)